Blog  

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Flashdisk

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Flashdisk – Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih kita membutuhkan ruang penyimpanan yang semakin besar, kali ini saya akan membahas salah satu media penyimpanan eksternal yaitu flashdisk. Perkembangan flashdisk sendiri cukup hebat dari waktu ke waktu.

PENGERTIAN FLASHDISK

FLASHDISK atau USB FLASH DRIVE adalah suatu media penyimpanan data portabel yang dihubungkan melalui port usb dan mampu menyimpan berbagai jenis data atau file dengan kapasitas memori yang cukup besar.

Pada awalnya ukuran flashdisk hanyalah 512mb saja, karena pada saat itu keberadaan flashdisk tidaklah sevital sekarang. Namun siring berjalanya waktu flashdisk seakan jadi hal yang wajib dimiliki bagi sebagian orang karena kapasitasnya yang semakin besar membuat fungsinya jadi semakin vital bagi banyak orang.

FUNGSI FLASHDISK

Fungsi flashdisk adalah untuk menyimpan dan memindahkan data dalam berbagai format dengan kapasitas yang cukup besar.

Flashdisk dapat digunakan sebagai media instalasi sistem operasi komputer, sehingga kita tidak perlu menggunakan DVD sebagai media instalasinya.

Dan fungsi yang cukup berpengaruh adalah ukurnnya yang kecil sehingga sangat praktis dibawa kemanapun. Keperluan untuk memindahkan data atau backup data jadi dipermudah dengan fungsinya yang kompatibel di hampir segala perangkat.

JENIS-JENIS FLASHDSIK BERDASARKAN KEGUNAANYA

1. Security Flashdisk

Security Flashdisk adalah jenis flashdisk yang dilengkapi dengan keamanan untuk melindungi data yang kita miliki. Salah satu contohnya ada flashdisk dari Cryptex.

2. Music Flashdisk

Jenis yang kedua adalah Music Flashdisk, sesuai dengan namanya kegunaan flashdisk jenis ini adalah untuk menyimpan dan memainkan musik.

Baca Juga :   Pengertian Kabel UTP, Fungsinya Serta Jenis-Jenis Kabel UTP

3. Bootable Flashdisk

Bootable Flashdisk ini adalah jenis flashdisk yang cukup sering ditemukan di pasaran, dengan kegunaanya yang mampu melakukan instalasi sistem operasi komputer. karena flashdisk jenis ini di design khsusus untuk untuk instalasi sistem maka tidak disarankan untuk menyimpan data lain selain data yang dibutuhkan pada proses instalasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.